Kamis, 05 Desember 2013

Programer

·         Programmer  

Jaman sekarang di Indonesia profesi di bidang IT sangat menjanjikan di karenakan menjadi peningkatan informasi ke arah yang lebih tinggi.Sehingga dibutuhkan industry terhadap tenaga kerja di bidang IT dapat di kelompokan menjadi tiga golongan,yaitu perangkat lunak,perangkat keras dan jaringan.
Tugas utama seorang programmer adalah mengimbangkan dan mendesain sebuah program agar dapat membantu manusia sebagai pengguna,dalam menjalankan kegiatan mereka,pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang dibutuhkan dalam membantu kegiatan banyak.
Seperti halnya pekerjaan yang lainnya,programmer komputer juga memiliki kode etik,kode etik merupakan sesuatu hal yang harus menjadi bagian dari seorang programmer komputer.Kode etik bersumber dari kode etik yang digunakan dalam perkumpulan programmer internasional,adapun kode etik programmer computer antara lain .

1.       Programmer komputer tidak boleh membuat / mendistribusikan (menyebarkan Mall Ware )
2.       Programmer komputer tidak boleh membuat kode sebuah program yang sulit untuk diikuti / ditelusuri dengan sengaja.
3.       Programmer komputer tidak boleh membuat dokumentasi yang membingungkan / tidak akurat dengan sengaja.
4.       Programmer komputer tidak boleh menggunakan ulang kode yang mempunyai hak cipta yang sesuai setelah memberi / meminta izin.
5.       Programmer komputer tidak boleh mencari keuntungan tambahan dari proyek yang disesuaikan oleh pihak kedua tanpa izin.
6.       Programmer komputer tidak boleh mencuri soft ware khususnya development tools.

·         Masalah – masalah yang sering dialami programmer
Software – software yang dikembangkan
Sering kali seorang programmer membutuhkan software – software lain sebagai pendukung software – software lain tersebut berupa komponen / software – software yang sudah dalam bentuk jadi salah satu contoh mudah adalah menggunakan  komponen silinder dengan adanya komponen silinder ini , seorangg programmer tidak perlu bersusah – susah untuk membuat sendiri program sejenis yang tentu saja akan menambah waktu lebih lama dalam proses pengembangan software yang sedang dikerjakan,jadi tidak lebih dari adanya situs- situs sejenis seperti disebutkan diatas adalah mengulangi ke tergantungan programmer terhadap software-software berlisensi.
Jadi penyelesaian masalah yang timbul ketika proses pengembangan software sedang berlangsung tergantung dari setiap programmer .Setiap langkah yang diambil akan berpengaruh terhadap waktu dan proses pengembangan yang sedang berjalan.
·         Keterampilan yang harus dimiliki seorang programmer
Beberapa keterampilan yang dimiliki seorang programmer antara lain
1.    Memahami kode sebuah sumber program,dari yang sederhana hingga relative kompleks,adalah keterampilan yang harus dimiliki seorang programmer.
2.    Implementasi ke dalam program yang kita buat sendiri dengan konteks dan struktur data yang sama sekali berbeda.
3.    Melanjutkan pengolahan ,menyesuaikan ,pengembangan dan ( bila perlu ) merombaknya untuk menyesuaikan program dengan kebutuhan pengguna tanpa mengorbankan kemudahan perawatan di massa mendatang.
4.    Memiliki kemampuan untuk programmer yang ditulis dan di dokumentasikan oleh programmer lain.
5.    Membaca program memperkaya perkakas yang dimiliki programmer.

referensi :

-Wahyono,Teguh 2009.Etika Komputer dan Tanggung Jawab Profesional di Bidang Teknologi Informasi.Jakarta.PT.Indeks.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar