Kamis, 05 Desember 2013

ETIKA PROFESI SEBAGAI NETWORK ADMINISTRATOR


MACAM-MACAM PROFESI IT


Begitu banyak macam-macam profesi yang bergerak di bidang IT,berikut beberapa contoh mengenai profesi dibidang IT yang perlu teman-teman ketahui :

1.      IT  PROGRAMMER
2.      SISTEM ANALYST
3.      NETWORK AND COMPUTER SYSTEM ADMINISTRATORS
4.      WEB DEVELOPERS
5.      NETWORK ADMINISTRATOR

Tapi disini saya akan menjelaskan etika profesi  NETWORK ADMINISTRATORS.
Sebelumnya lebih baik kita mengenal terlebih dahulu pengertian dan tugas-tugas seorang  network administrator.
Pengertian network administrator  yaitu  orang yang bertanggung jawab atas pemeliharaan perangkat keras komputer dan perangkat lunak yang terdiri dari sebuah jaringan komputer. Biasanya bertugas untuk melakukan konfigurasi, pemeliharaan-pemeliharaan, dan monitoring jaringan. Dimana fungsinya untuk spesialisasi jaringan atau  analisis jaringan.



KODE ETIKA NETWORK ADMINISTRATOR

Kalau membahas kode etik seorang network administrator,sepertinya sama seperti kode etik profesi yang lain.karena kode etik yaitu nilai dan aturan profesional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik serta apa yang tidak benar dan juga tidak baik bagi profesional.



HAL - HAL UMUM YANG HARUS DI KUASAI SEORANG  NETWORK ADMINISTRATOR :

1. Pengetahuan dasar tentang komputer teori maupun praktek, hal ini sangat penting karena tidak mungkin menjadi seorang administrator jaringan komputer namun bagaimana kerja sistem komputer sendiri tidak dikuasai dengan baik.

2. Pengetahuan tentang berbagai perangkat keras jaringan komputer seperti ; repeater, hub, switch, router, antena, kabel dan berbagai perangkat pendukung lainnya, pemahaman meliputi cara kerja, pemasangan dan konfigurasi.

3. Pemahaman tentang routing teori maupun konfigurasi harus di kuasai dengan baik agar mampu membangun jaringan dengan baik hal ini sangat diperlukan terutama jika komputer ataupun sub organisasi perusahaan sangat banyak



TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SEORANG NETWORK ADMINISTRATORS


1.      TUGAS

Salah satu tugas utama dari seorang Network Administrator adalah konektivitas. Network administrator bertugas memastikan bahwa konektivitas bekerja untuk semua pengguna dalam organisasi mereka, dan untuk memastikan bahwa data keamanan untuk koneksi ke internet ditangani dengan benar.
tugas lain dari network administrator yaitu maintenance LAN maupun WAN,archive data dan maintenance prangkat computer (hardware).

2.      TANGGUNG JAWAB

-     Memastikan bahwa perangkat keras komputer dan jaringan infrastruktur untuk organisasi TI bertahan. Biasanya mencakup pengadaan hardware baru (misalnya: apakah sudah memenuhi persyaratan/standarisasi yang ada? apakah diperlukan dalam pekerjaan? dll)
-     Menginstal software baru
-     Mempertahankan gambar pada disk saat menginstal komputer baru (akibat standar OS dan instalan aplikasi perusahaan)
-     Memastikan bahwa lisensi berbayar telah up to date atau terkini bagi perangkat lunak yang membutuhkannya

Referensi :

-http://en.wikipedia.org/wiki/Network_administrator
-Wahyono,Teguh 2009.Etika Komputer dan Tanggung Jawab Profesional di Bidang Teknologi Informasi.Jakarta.PT.Indeks.

1 komentar:

  1. Apakah ada organisasi profesi yang anggotanya orang-orang yang memiliki pekerjaan sejenis?

    BalasHapus